Apa Itu Kudis? Ini Penjelasannya!


Kudis adalah kondisi kulit gatal yang disebabkan oleh tungau kecil yang bersubur bernama Sarcoptes scabiei. Gatal-gatal hebat terjadi di daerah di mana tungau bersembunyi. Keinginan untuk menggaruk mungkin sangat kuat di malam hari.

Kudis menular dan dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik yang dekat dalam keluarga, kelompok penitipan anak, kelas sekolah, panti jompo atau penjara. Karena kudis sangat menular, dokter sering merekomendasikan perawatan untuk seluruh keluarga atau kelompok kontak. <

Kudis dapat segera diobati. Obat yang diterapkan pada kulit Anda membunuh tungau yang menyebabkan kudis dan telurnya. Tetapi Anda mungkin masih merasa gatal selama beberapa minggu setelah perawatan.

Gejala
Tanda dan gejala kudis meliputi:

  • Gatal, sering parah dan biasanya lebih buruk di malam hari
  • Jejak liang yang tipis dan tidak beraturan terdiri dari lepuh kecil atau benjolan di kulit Anda
  • Liang atau jejak biasanya muncul di lipatan kulit.
  • Meskipun hampir semua bagian tubuh mungkin terlibat, pada orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua kudis paling sering ditemukan di antara jari-jari, ketiak, sekitar pinggang, Sepanjang bagian dalam pergelangan tangan, siku bagian dalam, telapak kaki, sekitar payudara, sekitar area genital pria, pantat, Berlutut

Pada bayi dan anak-anak kecil, tempat-tempat umum serangan biasanya meliputi:

  • Mencatut
  • Telapak tangan
  • Sol sepatu

Jika Anda pernah menderita kudis sebelumnya, tanda dan gejala dapat berkembang dalam beberapa hari setelah terpapar. Jika Anda belum pernah menderita skabies, dibutuhkan waktu hingga enam minggu untuk tanda dan gejala dimulai. Anda masih bisa menularkan kudis bahkan jika Anda belum memiliki tanda atau gejala.

Kapan harus ke dokter
Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda dan gejala yang mungkin menunjukkan kudis.

Banyak kondisi kulit, seperti dermatitis atau eksim, dikaitkan dengan gatal dan benjolan kecil pada kulit. Dokter Anda dapat membantu menentukan penyebab pasti dan memastikan bahwa Anda menerima perawatan yang tepat. Mandi dan persiapan tanpa resep dapat meredakan gatal, tetapi tidak akan menghilangkan kudis.


Penyebab
Penyebab kudis adalah tungau berkaki delapan. Tungau betina bersembunyi tepat di bawah kulit Anda dan membuat terowongan tempat ia menyimpan telur.

Telur menetas, dan larva tungau bekerja di permukaan kulit Anda, di mana mereka matang dan dapat menyebar ke area lain di kulit Anda atau ke kulit orang lain. Gatalnya kudis terjadi akibat reaksi alergi tubuh Anda terhadap tungau, telur, dan kotorannya.

Tutup kontak fisik dan, lebih jarang, berbagi pakaian atau tempat tidur dengan orang yang terinfeksi dapat menyebarkan tungau.

Hewan dan manusia semuanya dipengaruhi oleh spesies tungau mereka sendiri yang berbeda. Setiap spesies lebih suka satu jenis inang tertentu dan tidak hidup lama dari inang yang disukai.

Manusia mungkin memiliki reaksi kulit sementara dari kontak dengan tungau kudis hewan. Tetapi orang-orang tidak mungkin untuk mengembangkan kudis penuh dari sumber ini, karena mereka mungkin dari kontak dengan tungau kudis manusia.

Komplikasi
Menggaruk dengan keras dapat merusak kulit Anda dan memungkinkan terjadinya infeksi bakteri sekunder, seperti impetigo. Impetigo adalah infeksi kulit yang dangkal yang paling sering disebabkan oleh bakteri staph (staphylococci) atau kadang-kadang oleh bakteri strep (streptokokus).

Bentuk skabies yang lebih parah, yang disebut skabies berkrusta, dapat memengaruhi kelompok berisiko tinggi tertentu, termasuk:

  • Orang dengan kondisi kesehatan kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV atau leukemia kronis
  • Orang yang sakit parah, seperti orang di rumah sakit atau fasilitas perawatan
  • Orang tua di panti jompo

Skabies berkrusta, juga disebut scabies Norwegia, cenderung membuat kulit berkerak dan bersisik, dan memengaruhi area tubuh yang luas. Ini sangat menular dan bisa sulit diobati.

Biasanya, seseorang dengan kudis memiliki sekitar 10 hingga 15 tungau. Sebaliknya, seseorang dengan skabies berkrusta dapat terinfeksi jutaan tungau.

Pencegahan
Untuk mencegah infestasi ulang dan mencegah tungau menyebar ke orang lain, Artia menganjurkan Anda melakukan langkah-langkah ini:
Bersihkan semua pakaian dan linen. Gunakan air panas bersabun untuk mencuci semua pakaian, handuk, dan selimut yang digunakan dalam waktu tiga hari sebelum memulai perawatan. Keringkan dengan api besar. Barang kering-bersih yang tidak bisa Anda cuci di rumah.
Kelaparan tungau. Pertimbangkan untuk meletakkan barang-barang yang tidak dapat Anda cuci di dalam kantong plastik tertutup dan meninggalkannya di tempat yang terpencil, seperti di garasi Anda, selama beberapa minggu. Tungau mati setelah beberapa hari tanpa makanan.

Subscribe to receive free email updates: